Artikel-artikel inspiratif seputar kebahagiaan, kesehatan, dan kemakmuran.

mandiriyes logo

Semakin keras saya bekerja,
semakin beruntunglah saya.

-Samuel Goldwyn

koneksi neuron di otak manusiaJika kita semua mempunyai sumber daya internal yang sedemikian kuat, mengapa sangat sedikit dari kita yang menciptakan hasil luar biasa? Mengapa hanya segelintir orang dalam setiap masyarakat atau negara yang mampu menghasilkan ide cemerlang, tetap fokus, dan termotivasi, melakukan tindakan yang konsisten dan mencapai tingkat kesuksesan yang hanya dapat kita kagumi? Perbedaannya, sekali lagi, terletak dalam cara kita menggunakan otak kita, atau menyia-nyiakannya.

Pikiran, perilaku, kemampuan, dan keahlian ditentukan bukan oleh jumlah sel otak yang Anda miliki, tetapi oleh bagaimana sel-sel neuron Anda saling terhubung. Kita semua memiliki koneksi antarsel neuron yang berbeda, itulah sebabnya kita berpikir dan berperilaku berbeda.

Jika ada orang yang Anda kenal luar biasa pandai dalam hal berhitung, itu disebabkan karena ia mempunyai koneksi antarsel neuron yang lebih berlimpah dalam area pemikiran logis-matematis. Pada saat yang sama, orang ini mungkin tidak terlalu percaya diri dalam hal berkomunikasi karena mungkin memiliki koneksi sel neuron yang lebih sedikit di area kecerdasan yang berbeda ini.

Hal yang sama berlaku bagi emosi dan kebiasaan. Jika Anda selalu malas dan tidak termotivasi, itu disebabkan sel otak Anda terhubung dengan cara sedemikian rupa sehingga Anda secara konsisten menyalakan berbagai emosi negatif, misalnya sikap menunda-nunda.

Orang yang secara konstan fokus dan termotivasi mempunyai rangkaian pola neuron sangat berbeda yang terhubung di dalam otak mereka. Jenis koneksi antarneuron yang Anda miliki sekarang ditentukan oleh bagaimana otak Anda terpapar pada suatu pengalaman dan dirangsang, bahkan sebelum Anda lahir.

Pola neuron Anda mulai berkembang 20 minggu sejak masa pembuahan benih, dalam rahim ibu Anda. Jika Anda berbakat di bidang matematika, itu bisa jadi karena otak Anda telah terpapar pada banyak rangsangan matematis oleh ibu Anda atau orang di sekitar Anda. Kemudian, dalam masa pertumbuhan Anda, terutama sebelum usia 14 tahun, sifat perilaku seperti kesabaran atau ketekunan, ketidaksabaran atau keras kepala juga tertanam di otak Anda melalui pengalaman Anda melihat orang-orang yang diteladani di seputar Anda. Begitulah cara Anda diprogram menjadi pribadi Anda saat ini.

Kabar baiknya adalah jika Anda memiliki koneksi antarneuron yang tidak cukup atau tidak efektif dalam suatu bidang, Anda dapat menciptakan koneksi yang lebih berguna melalui cara merangsang otak Anda dengan cara yang tepat dan menciptakan jenis pola mental yang tepat. Anda juga dapat memprogram ulang pola-opla yang membatasi seperti fobia dan kebiasaan buruk.

Penelitian tentang otak telah menunjukkan bahwa dalam satu masa hidup, orang rata-rata menggunakan kurang dari satu persen dari total koneksi neuron yang mungkin terbentuk di otak mereka. Dengan 1.000 milyar neuron, yang masing-masingnya mempunyai kemampuan membuat ribuan koneksi neuron satu sama lain, total jumlah koneksi yang mungkin terbentuk, jika rangkaiannya diubah, akan jauh melebihi jumlah atom yang ada di alam semesta. Dengan kata lain, tiada yang tak dapat dicapai oleh otak manusia, dengan strategi dan stimulasi yang tepat.




2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kategori Artikel

Happy

Healthy

Wealthy


Kecantikan

Motivasi & Inspirasi

Lain-lain




Dapatkan update artikel terbaru dengan 'Like' Facebook Page kami.





Home | JM Ocean Avenue | Freedom Faithnet Global | Tentang Kami | Hubungi Kami | Order | Daftar Distributor | Login | Kebijakan Privasi | Disclaimer

Copyright © 2014 - 2015 Mandiriyes.com. All rights reserved.